Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Berbagai Cara Mengambil Screenshot di Laptop

Berbagai Cara Mengambil Screenshot di Laptop

Saat ini kita sudah banyak yang terhubung ke dalam dunia digital, khususnya di platforms laptop. Untuk tujuan tertentu kita akan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membuat presentasi, membuat dokumen hingga berkarya, membagikan media, atau bahkan menerapkan efek fotografi digital. dan tidak lengkap rasanya jika kita tak memiliki fungsi screenshot.

Screenshot adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita untuk menyimpan sebuah reliks dari sebuah platform digital. Bisa dalam bentuk image atau catatan dari hasil pekerjaan yang kita lakukan. Dalam artikel ini kita akan membahas kiat-kiat mengambil haveil screenshot dari laptop agar kita dapat memeroleh hasil seperti yang kita inginkan.

Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

Cara termudah untuk mengambil screenshot di Laptop Windows 10 adalah dengan menekan tombol Print Screen (PrtScn) yang biasanya terletak jauh di bagian atas keyboard laptop. Selain itu ada beberapa cara lain untuk mengambil screenshot di Windows 10 yang dapat Anda gunakan, yaitu:

  • Mekanis Print Screen: Tekan tombol Print Screen untuk mengambil gambar layar penuh.
  • Kombinasi Windows key dengan Print Screen: Tekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan untuk mengambil screenshot yang disimpan di folder foto Anda.
  • Menggunakan Snipping Tool: Aplikasi Snipping Tool memungkinkan Anda untuk memilih area tertentu dari layar untuk disimpan sebagai gambar.
  • Menggunakan Keyboard Shortcut: Gunakan keyboard shortcut untuk mengambil foto sebagian dari layar penuh.
  • Menggunakan Aplikasi Terpisah: Download dan instal aplikasi gratis untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Untuk melihat cara mengambil screenshot dengan cara-cara di atas lebih rinci, ikuti artikel ini dan kami akan menunjukkan cara yang mudah dan betul-betul andal untuk mengambil screenshot di Windows 10.

Cara Mengambil Screenshot di Windows 7

Cara Mengambil Screenshot di Windows 7

Laptop memiliki sebuah fungsi yang sangat bermanfaat yaitu mengambil screenshot. Screenshot adalah hasil cetak layar dari sebuah komputer yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu. Dengan mengambil screenshot di laptop, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan foto atau gambar dari file lain.

Ada berbagai cara untuk mengambil screenshot di laptop, tergantung dari jenis sistem operasi yang Anda gunakan. Khusus untuk laptop yang menggunakan Windows 7, Anda dapat mengambil screenshot dengan cara berikut:

Fil Press + Print Screen

Cara ini merupakan cara yang paling sederhana untuk mengambil screenshot di Windows 7. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menekan tombol Print Screen di keyboard laptop Anda. Setelah itu tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan, kemudian ketik Paint dan klik OK. Setelah itu, buka Paint dan tekan Ctrl+V untuk menempel gambar screenshot pada editor. Anda juga dapat menyimpan gambar yang telah diserap dengan menekan Ctrl + S.

Menggunakan Shortcut keyboard

Anda juga dapat mengambil screenshot di Windows 7 dengan menekan beberapa tombol secara bersamaan pada keyboard. Caranya, tekan tombol Windows dan tombol Print Screen secara bersamaan. Gunakan cara ini untuk memudahkan Anda dalam menyimpan gambar screenshot pada laptop. Anda dapat menemukan screenshot yang telah Anda ambil di dalam folder Pictures dan juga folder Screenshots.

Menggunakan Snipping Tool dan Shortcut Keyboard

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot pada Windows 7. Caranya, buka aplikasi Snipping Tool yang tersedia pada menu Start, dan pilih menu New atau tekan tombol Ctrl + N. Setelah itu Anda akan melihat sebuah visual cursor dan Anda dapat menarik posisi cursor untuk membuat kotak pada layar yang ingin Anda ambil jadi screenshot.

Berbagai cara di atas merupakan cara untuk mengambil screenshot dengan mudah di laptop Windows 7. Dengan menggunakan salah satu cara diatas, Anda dapat memudahkan Anda dalam membuat screenshot dan membagikannya kepada orang lain.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop MacOS

Mengambil screenshot atau skrinsut di laptop dengan sistem operasi MacOS merupakan hal yang perlu adanya pengetahuan dasar agar tetap berhasil. Berikut ini adalah beberapa cara Mengambil Screenshot di Laptop MacOS yang dapat Anda gunakan

Cara 1: Menggunakan Tombol Foto

Tombol Foto Mac diatur secara default untuk mengambil screenshot. Anda dapat mengambil gambar layar penuh dengan cara menekan tombol Foto (atau Fn + Alt + F11). Setelah menekan tombol tersebut, screenshot akan muncul di folder Desktom Anda.

Cara 2: Menggunakan Utilitas Berpikir

Utilitas Berpikir adalah fitur khusus yang tersedia di Mac, yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot sepotong layar atau sebuah jendela yang terbuka. Untuk mengonversi Utilitas Berpikir secara otomatis, cukup buka Bantuan dan Teknis > Utilitas > Utilitas Berpikir. Untuk tombol screenshot, tekan Command + Shift + 5, atau buka Utilitas Berpikir dan ikuti petunjuk jika ingin menyesuaikannya.

Cara 3: Menggunakan Kombinasi Tombol

Padahal ada juga berbagai opsi menyenangkan lainnya di mana Anda dapat mengambil screenshot sebagian layar. Kombinasi tombol yang berbeda akan Anda gunakan, tergantung pada jumlah perangkat yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol yang dapat Anda gunakan untuk mengambil skrinsut di laptop Mac:

  • Command + Shift + 3 – Mengambil semua layar layar
  • Command + Shift + 4 – Mengambil gambar bagian layar yang dipilih
  • Command + Shift + 5 – Mengambil foto dari jendela atau sepotong area

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop MacOS. Sekarang, eksplorasi dan rasakan dengan beberapa cara ini!

Kesimpulan

Ternyata laptop atau komputer memiliki berbagai cara mudah untuk mengambil screenshot. Menggunakan kombinasi singkat dari beberapa tombol kunci, cara tercepat untuk menyimpan sebuah gambar dari layar laptop atau komputer. Dengan metode ini, Anda dapat dengan cepat mengambil tampilan layar ketika diperlukan, tanpa harus menggunakan alat tambahan.

Selain tombol kunci yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan berbagai macam software pihak ketiga untuk menangkap layar pasif atau untuk bermain game. Dengan opsi ini, Anda dapat berkreasi dengan berbagai macam efek dan opsi lain dengan mudah. Tergantung situs, perangkat atau media yang Anda butuhkan, Anda dapat memilih metode terbaik untuk mengunggah screenshot dan membagikannya.

Post a Comment for "Berbagai Cara Mengambil Screenshot di Laptop"